About Gunadarma

Posted by dragon on Thursday, 6 October 2011

Emm...sebetulnya postingan saya yang satu ini tadinya mau saya ikutin lomba untuk merayakan 30 tahun berdirinya kampus tercinta Gunadarma. Tapai karena jumlah karakternya ga mencukupi, jadinya saya ga jadi mengikuti lomba deh, huuhf...


Universitas Gunadarma, atau kerap kali masyarakat memanggil dengan nama GUNDAR. Adalah sebuah universitas berbasis IT di Indonesia yang memiliki reputasi/peringkat terbaik dibandingkan universitas swasta lain di Indonesia berdasarkan survey dari WEBOMETRIC.
Gunadarma memang lebih unggul dalam bidang IT dibandingkan dengan universitas lain. Karena dosen pengajar di universitas ini pendidikannya saja minimal S2, dan tidak sedikit dosen yang berpendidikan S3.

Sekilas Perkembangan Universitas Gunadarma
Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002.
Setelah melalui perjuangan panjang dalam menghadapi berbagai tantangan, Universitas Gunadama telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia. Pengalaman selama 25 tahun yang diiringi pengabdian dan dedikasi tenaga pengajar; komitmen yayasan dan pimpinan; pengadaan fasilitas pembelajaran serta kepercayaan masyarakat, Universitas Gunadarma terus berupaya menghasilkan lulusan yang berguna dan bisa mendarmabaktikan kompetensinya demi membangun masa depan bangsa yang lebih baik. 
Keberadaan dan perkembangan Universitas Gunadarma sampai saat ini merupakan keberhasilan penerapan prinsip otonomi perguruan tinggi di tingkat institusi. Prinsip otonomi ini menjadi landasan utama dalam penyelenggaraan pendidikan di Universitas Gunadarma dengan tetap mengikuti perkembangan eksternal, khususnya kebijakan, peraturan dan perundangan yang berlaku. Selain itu, perjalanan yang relatif panjang tersebut juga menunjukkan kepemimpinan yang teruji dan luwes dalam menghadapi berbagai perubahan dan kebijakan yang terkait dalam pengelolaan perguruan tinggi. Kepemimpinan dan sistem pengelolaannya mengacu kepada tata kelola universitas yang baik (good university governance) yang telah ditetapkan[1].
Dibawah ini adalah merupakan visi dan misi dari Universitas Gunadarma sendiri
Visi
Pada tahun 2012 Universitas Gunadarma menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik di tingkat regional maupun internasional
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai ujud pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi (university social responsibility).
4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.
5. Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon pelbagai perubahan yang terjadi[2].
Jika dilihat dari visinya, terlihat bahwa Gunadarma terus berusaha untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan, penelitian dan juga pengabdiannya kepada masyarakat khusunya di bidang teknologi informasi. Dalam usahanya, Gunadarma selalu membekali mahasiswanya tidak hanya dengan teori-teori di kelas saja, tetapi juga memberikan mahasiswanya praktek sesuai dengan jurusannya masing-masing, terutama mahasiswa yang berbasis IT seperti mahasiswa Sistem Informasi, Teknik Informatika, Manajemen Informatika dan lain-lain.
Dalam hal pengabdian kepada masyarakat, UG membuktikan dan memberikan hal yang nyata yang salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas berupa UG career center. Yaitu fasilitas yang diberikan kampus untuk mahasiswa khusus mahasiswa Gunadarma yang telah menempuh jenjang pendidikannya baik jenjang D3 sampai S2 sekalipun. Ini merupakan wujud nyata dari kontribusi nyata dari UG dalam pengabdiannya kepada masyarakat. UG selalu memberikan masyarakat (yang dalam hal ini para pencari pekerja, baik itu perusahaan ataupun organisasi) lulusan yang berkualitas baik. Karena UG yakin bahwa UG mampu memberi lulusan terbaiknya kepada perusahaan yang membutuhkan. Karena itu merupakan salah satu tujuan didirikannya universitas.
Sebuah universitas akan dikatakan universitas yang bonafit jika lulusan-lulusannya minimal mampu untuk bersaing dalam dunia kerja dan maksimal mampu menempati posisi atau jabatan-jabatan penting dalam sebuah organisasi. Seperti UG, banyak lulusan dari UG mampu menempati posisi yang penting dalam perusahaan. Tidak lain karena basic pendidikannya yang memang mampu untuk menempatkan posisinya pada posisi penting. UG juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswanya untuk mencoba dunia kerja dalam ruang lingkup kampus, dalam hal ini untuk menjadi asisten laboratorium (aslab). Tentunya dengan syarat tertentu seperti IPK minimal 3.00, lulus ujian menjadi asisten dan lainnya. Banyak mahasiswa yang berminat untuk menjadi asisten, saya pun berminat untuk menjadi asisten lab, namun karena saya masih semester 2 maka saya tinggalkan saja dulu dan fokus untuk mengumpulkan nilai yang baik untuk bekal di semester-semester selanjutnya.
Menjadi asisten lab di UG memang menjadi pilihan bagi setiap mahasiswa UG, disamping kerjanya yang tidak begitu repot (pengakuan teman saya yang menjadi asisten) bayarannya pun mencukupi untuk membantu meringankan beban keluarga, terlebih lagi untuk mahasiswa yang tinggal sendiri dan jauh dari keluarga(kost).  Tidak hanya itu keuntungan menjadi asisten lab di UG. Menjadi asisten di UG juga dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa bagaimana dunia kerja itu. Sehingga mahasiswa nantinya tidak kaget dengan pekerjaan yang diberikan kepadanya. Selain itu juga menjadi asisten dapat menambahkan ilmu bagi mahasiswa, karena para asisten dapat saling berbagi jika ada asisten yang belum paham materi tertentu. Banyak program asisten yang ditawarkan di UG. Diantaranya adalah asisten lab sistem informasi, asisten lab internet, asisten lab teknik dan lain-lain. Dengan banyaknya pilihan itu, mahasiswa pun dapat memiliih satu diantara sekian banyak program asisten di UG.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment