Sedikit Tips SEO Dari Saya

Posted by dragon on Wednesday, 19 October 2011

type='html'>Sebelumnya saya sudah membahas soal offpage SEO dan saat ini saya mau kasih tips onpage SEO.
Onpage SEO adalah segala bentuk upaya untuk melakukan optimisasi halaman website/blog agar mudah di kenali oleh search engine isi temanya. Agar mudah dipahami oleh search engine maka kita harus membuat struktur coding website menjadi SEO friendly. Untuk itu perlu berhati-hati dalam memilih sebuah theme jika anda pakai wordpress, atau template pada blogger.

Faktor-faktor onpage SEO

1. Title tag.  Title tag alias judul halaman bisa saja tidak terlihat di halaman, tapi pasti terlihat di pojok kiri atas browser anda (mis:firefox, IE, Opera dll). Title tag juga akan terlihat pada hasil pencarian di search engine/SERPs (biasanya pada bagian atas). Title tag yang baik harus berisi kata kunci pada halaman utama (home) dan pada halaman lainnya judul posting harus mengandung kata kunci dan posisinya di depan. Semakin didepan kata kunci anda maka semakin baik nilainya. Jangan membuat judul posting yang terlalu panjang karena maksimal yang tampil di SERPs hanya sekitar 65 karakter (max 65 huruf).
Contoh untuk homepage:
Misalkan judul blog/ web anda adalah apotik online
maka kode pada hompage Apotik online
Contoh untuk posting/ halaman lainnya. (misalkan kata kunci yg ingin anda target adalah obat pelangsing
maka kodenya Obat pelangsing - apotik online
Perhatikan bahwa judul homepage bergeser di bagian belakang.

2. Meta description. Seperti halnya pada title tag, desc. tag juga mungkin tidak terlihat di halaman web, tapi akan mncul di hasil pencarian SERPs dan posisinya di bagian bawah. Desc tag berisi deskripsi isi halaman anda. Isi sebaiknya mengandung kata kunci dan tidak lebih panjang dari 150 karakter (max 150 huruf).

<meta name="description" content="kami menjual obat pelangsing murah.....dst max 150huruf">

3. Heading tag. Heading alias header terdiri dari h1, h2, h3 dst, Namun yang mengambil peranan penting adalah h1 sd h3. Pastikan heading mengandung kata kunci.

4. Keywords density. Keywords density alias kekerapan di hitung dalam bentuk prosentase. Prosentase yang baik adalah antara 3%-5%. Namun terkadang halaman bisa muncul di top 10  dengan prosentase sekitar 7%. Cara perhitungannya secara manual memang ruwet, tapi secara sederhana seperti ini.
Misalkan isi halaman berisi 100 kata, maka untuk mendapat prosentase 5 % harus memasukan kata kunci sebanyak 5 buah.

5. SEO firendly URL. URL adalah alamat suatu website/blog. Misal www.situsku.com untuk homepage dan www.situsku.com/obat-pelangsing.html. URL yang baik harus mengandung kata kunci (ini akan memperkuat allinanchor web anda). Jangan gunakan kode yang rumit dan terlalu panjang seperti www.situsku.com/?p=1-alt?><@#$%^. URL yang singkat selain mudah diingat juga lebih SEO friendly

6. Buatlah konten yang original. Luangkan waktu anda beberapa menit/jam untuk membuat sebuah konten yang unik. Konten yang unik lebih di sukai google di banding konten duplikat yang tersebar di ratusan situs.

7. Sebelum membuat sebuah posting, lakukanlah riset kata kunci. Buat apa bersusah payah membuat sebuah posting yang bisa muncul di no 1 google jika tidak ada (sedikit sekali) orang yang menggunakan kata kunci tsb untuk pencarian. Targetlah kata kunci yang bisa mendatangkan banyak trafic kunjungan namun sedikit pesaingnya. Jangan menembak kata kuci cara membuat website atau lowongan kerja jika anda bukan seorang yang berpengalaman di bidang SEO. Anda bisa mentarget lirik lagu yang baru ngetrend untuk latihan anda. Misal lagunya ayu ting-ting dan lihat seberapa baik anda mengoptimisasinya. Lirik lagu jauh lebih mudah di target karena mengikuti trend, dan semua web berusaha membuat postingnya dan usia postingnya semua relatif masih baru dan belum banyak backlinknya.

8. Banyak-banyak berdoa

Sekian tips SEO dari saya, jika anda merasa kesulitan dan membutuhkan jasa seo, silahkan kontak saya.

Piss.....

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment